Rabu, 05 Juni 2013

Cara Membuat Tabel Mysql ke PHP



menjelaskan langkah-langkah secara lengkap membuat aplikasi data mahasiswa dengan php. Bahasan akan saya bagi menjadi beberapa bagian yaitu Langkah Membuat database, Membuat koneksi database, membuat menu utama, membuat form input data, membuat proses simpan dan upload gambar, membuat laporan membuat pencarian, membuat delete data, membuat form update, membuat proses update, membuat tabel login, membuat proses login, dan terakhir membuat proses logout.
Secara pembahasan, saya tidak mengikat pada penggunaan aplikasi bantu yang artinya anda bisa membuatnya dengan editor apa saja, bisa dreamweaver, notepad, notepad plus atau yang lainya, yang penting bisa mengedit file php. Web server yang saya gunakan xampp 1.7.1 dengan spesifikasi :
+ Apache 2.2.11
+ MySQL 5.1.33 (Community Server)
+ PHP 5.2.9
+ phpMyadmin
Membuat database dan tabel mahasiswa
Nama database : db_datamhs
Nama tabel : tb_mahasiswa
Susunan tabel :
  1. nim tipe char (12) primary
  2. nama  tipe varchar(30)
  3. alamat tipe varchar (100)
  4. tempat_lahir  tipe varchar(30)
  5. tanggal_lahir  tipe date
  6. jenis_kelamin  tipe enum(‘L’,’P’)
  7. photo tipe varchar(100)
Query Membuat tabel mahasiswa
CREATE TABLE  `db_datamhs`.`tb_mahasiswa` (
  `nim` CHAR(  12 )  NOT NULL  ,
  `nama` VARCHAR( 30 ) NOT  NULL ,
  `alamat` VARCHAR( 100 ) NOT  NULL ,
  `tempat_lahir` VARCHAR( 30 ) NOT  NULL ,
  `tanggal_lahir` DATE  NOT NULL  ,
  `jenis_kelamin` ENUM(  'L', 'P'  ) NOT  NULL ,
  `photo` VARCHAR( 100 ) NOT  NULL ,
  PRIMARY KEY  ( `nim`  )
  ) ENGINE = MYISAM  ;
Tampilan hasil tabel pada phpmyadmin
Membuat folder aplikasi web data mahasiswa
Aplikasi data mahasiswa ini akan saya simpan dalam folder data-mahasiswa. Saya buka folder xampp (jika di c:/xampp atau di d:/xampp) dan masuk folder htdocs. Setelah itu saya create new folder dengan nama :
data-mahasiswa
Membuat Koneksi Database
Dengan berhasilnya database dan tabel dibuat maka sekarang, membuat koneksi dari php ke database dan tabel mysql yang sudah dibuat. Saya akan buat file baru dengan jenis php dan disimpan dengan nama koneksi.php dan dalamnya saya buat kode php :
  $dbserver="localhost";
  $dbusername="root";
  $dbpassword="";
  $dbname="db_mahasiswa";
  mysql_connect($dbserver,$dbusername,$dbpassword)  or die(mysql_error());
  mysql_select_db($dbname) or die  (mysql_error());
?>

Membuat Menu Utama aplikasi web data mahasiswa
Menu utama digunakan untuk mengakses halaman keseluruhan dari aplikasi data mahasiswa ini. Susunan menu yaitu : Tambah Data Mahasiswa dan Laporan Data Mahasiswa. Saya buat sebuah file dari php dengan nama index.php dengan isi sebagai berikut :
  "http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd">
    xmlns="http://www.w3.org/1999/xhtml">
  Sekarang saya sudah bisa jalankan dengan mengetik http://localhost/data-mahasiswa dan hasilnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar