Rabu, 14 Januari 2015

PROPOSAL PENAWARAN JASA ADVERTISING (Advertising, Branding, Printing)



1.     PENDAHULUAN
Pada dasarnya advertising merupakan upaya menyajikan materi secara persuasif , serta media promosi bagi masyarakat/ perusahaan atau instant pendidikan mengenai produk dan segala sesuatu yang dihasilkan agar dikenal. Penting sekali bagi Perusahaan/instansi pendidikan memahami kriteria yang baik dalam menjalankan promosi . Salah satunya dengan menunjuk perusahaan advertising sebagai promotor agar dikenal oleh masyarakat.
Advertising mengandalkan ide dan kreativitas sehingga selalu menghasilkan karya-karya yang inovatif dan persuasif. Segala bentuk pesan tentang suatu produk atau brand disampaikan melalui suatu media, dibiayai oleh pemrakarsa yang dikenal, serta ditujukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat. Periklanan atau Promosi (Advertising) adalah suatu bentuk komunikasi yang ditujukan untuk mengajak orang yang melihat, membaca atau mendengarnya untuk melakukan sesuatu

2.     VISI dan MISI
·        VISI
Membangun intelektualitas di dunia seni advertising yang kreatif dan inovatif
·        MISI
o   Menciptakan gagasan dan ide yang berkualitas  dalam melakukan promosi
o   Membangun brand yang terpercaya bagi konsumen/klien
o   Meningkatkan produktivitas dalam berkarya di bidang desain grafis


3.     TENTANG KAMI
"Kesenian yang mempunyai nilai tertinggi ialah yang mendorong ke arah ketaqwaan, kema'rufan, kesahihan dan budi yang mantap. Kesenian yang menghubungkan manusia dengan Tuhan, alam sekitar dan sesama manusia."
Room ART. Begitulah kami menyebut tempat usaha yang bergerak di bidang industri grafis ( advertising ). Sebuah nama yang diangkat dari latar belakang kehidupan seni.  Lewat tangan Tuhan, Alhamdulillah berdirilah tempat usaha yang dinamai “Room ART”, sebuah tempat usaha yang mudah-mudahan bermanfaat bagi banyak orang. Menghasilkan ide-ide dan karya yang berkualitas. 
Keinginan besar kami adalah untuk mengubah paradigma masyarakat Indonesia yang masih tertutup terhadap pemikiran-pemikiran baru di dunia seni. Seni adalah sesuatu yang patut dihargai mahal, diapresiasi dengan nilai yang tinggi. Itulah mengapa, Room ART dihadirkan agar seni di Indonesia bisa semakin berkembang.
Prinsip dari Room ART ini adalah open minded. Disini kami terbuka terhadap pemikiran-pemikiran baru.Ide dan gagasan baru yang membawa Room ART kepada desain yang lebih kreatif baik secara visual maupun filosofinya.
Ke depannya, Kami berupaya menjadikan Room ART sebagai lahan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia. Pekerjaan yang menyeimbangkan kinerja otak kanan dan kiri karena kami berbasis ide kreatif. Berharap semakin majunya usaha ini semakin banyak pula karya-karya Kami yang diapresiasi oleh masyarakat.

1.      DATA PERUSAHAAN
1)      Nama Perusahaan              : Room ART Advertising
2)      Bidang Usaha                   : Industri Kreatif
3)      Jenis Produk/ Jasa             : Desain logo, katalog, mmt/baliho , kaos, kartu nama, undangan, web developer.
4)      Alamat Perusahaan           : Jl. Perbalan Purwosari V no 752 Semarang Utara 50172
5)      Nomor Telepon                 : 08985931721
6)      E-mail                                : ruangseniartvertising@gmail.com
2.      BIODATA PEMILIK
1)      Nama                                 : Nia Oktaviana
2)      Jabatan                              : CEO / Pemilik / Direktur Kreatif
3)      Tempat dan Tgl Lahir       : Semarang, 18 Oktober 1994
4)      Alamat Rumah                  : Jl. Perbalan Purwosari V no 752 Semarang
5)      Nomor Telepon                 : 08985931721
6)      Alamat e-mail                    : boelnia@yahoo.com
7)      Pendidikan terakhir           : SMK ( saat ini sedang menjalani kuliah di UNISBANK    Semarang)
8)      Pengalaman Kerja             : Magang sebagai STAF IT di PT MUGAN GROUP Semarang, freelance designer di home industry SMART CLEAN , home industry HONEYBROS dan RAIHANUN HIJAB ( 3 tahun )



3.      STRUKTUR ORGANISASI



 
4.     PAKET LAYANAN
·        JASA DESAIN
 



5.     MEKANISME
1)    Analisa Brief
Analisa brief adalah sistematisasi proses desain grafis yang digunakan untuk memahami keinginan klien. Seringkali disini dilakukan tanya jawab. Semakin Klien membuka pikiran untuk menjelaskan kebutuhan, desainer akan semakin mudah memahami keinginan Klien. Mulai dari persyaratan teknis, target pemirsa, anggaran dan tenggat waktu, profile produk / perusahaan, dan sebagainya.
2)    Brainstorming
Brainstorming dalam sistematisasi proses desain grafis dipakai sebagai manifestasi brief yang dimaksudkan untuk mendefinisikan kebutuhan desain. Pada proses ini seringkali digunakan untuk mengumpulkan informasi yang diperlukan yang berada diluar brief namun masih berhubungan.
3)    Proses Kreatif
Dilakukan langsung setelah mendapatkan inspirasi dari proses brainstorming. Hasil proses keratif ini bisa berupa konsep, sistem, dan metodologi.
4)    Draft
Draft adalah proses desain yang digunakan untuk mencitrakan secara kasar (menggambar) hasil proses kreatif.
5)    Pembuatan Desain
Dalam tahap ini hasil draft yang sudah disetujui akan dibuatkan desainnya secara lebih bagus dan terlihat lebih hidup. kalau kami mngartikan ini adalah menjadikan file digital dan fine art.
6)    Revisi
Dilakukan oleh pihak klien (pemesan desain) untuk melihat apakah desain yang dibuat telah sesuai dengan keinginan dan jati diri perusahaan. Proses revisi bisa dilakukan diantara proses kreatif pada point 3 sampai hasil jadi alias final artwork.
7)    Final Artwork
Dipakai untuk menyiapkan kebutuhan percetakan. Seperti separasi, penentuan standar penggunaan desain, penulisan filosofi, pembuatan warna black and white, pemeriksaan cek warna desain yang sudah dipilih, cek kualitas foto2 yang digunakan, proses postcript file, proses ke PDF high quality, final print, pengiriman data ke klien.
6.     PENUTUP
Berdasarkan proposal penawaran yang telah Kami lampirkan , besar harapan Kami agar terjalin kerjasama antara Perusahaan Bapak/Ibu dengan Kami dan mempercayakan kepada kami perihal desain dan Advertising.
Jika terdapat pertanyaan dan info yang ingin diketahui dari pihak Perusahaan Bapak/Ibu, mohon hubungi contact person Kami 08985931721 atau melalui email ruangseniartvertising@gmail.com. Terima kasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar