Ada kesalahan di dalam gadget ini

Kamis, 11 Juni 2015

Google Analytics Sebagai Tools Untuk Mengukur Keberhasilan Sebuah Campaign

“Content di website sudah menarik, Keyword sudah tepat, tapi kenapa visitor traffic-nya kurang sekali ya? Apa yang salah dengan campaign ini?”
Well, mungkin Anda harus menganalisis apa yang terjadi dengan website Anda. Dengan analisis yang cermat terhadap elemen  yang  Anda gunakan, Anda bisa mengetahui elemen dan tahap campaign apa yang menyebabkan tujuan akhir campaign tidak/belum terpenuhi  dan sebaliknya, serta tahap mana saja yang membuat campaign Anda sukses.
Google Analytics adalah alat web analytic gratis yang disediakan oleh Google yang dibuat untuk mengoptimalkan semua data yang  dimiliki. Dengan Google Analytics, kita bisa mengetahui bagaimana pengunjung website menemukan dan menggunakan website, sehingga  kita dapat mengukur kebutuhan analisa performa sebuah digital campaign dengan cermat.
analityc google
Dengan Google Analytics, Anda bagaikan memiliki CCTV di setiap sudut website Anda. Anda dapat memantau segala sesuatunya dengan seksama dan secara real time:
1. Anda dapat melihat berapa banyak visitor yang mengunjungi situs Anda pada saat ini juga, seperti, sekarang.
2. Anda dapat mengetahui asal visitor yang datang ke web anda. Hal ini sangat penting untuk mengetahui “potential visitor”  terbesar yang tentunya perlu mendapat perhatian khusus dari kita.
3. Anda dapat mengenal lebih dekat karakter visitor yang berkunjung ke web ( lama visit ke website, jumah waktu yang  dihabiskan dalam 1x visit, dsb). Dengan informasi-informasi tersebut, kita bisa memperoleh manfaat untuk bisa meminimalisir  tingkat bounce rate yang terjadi, dsb. Angka Bounce Rate di sekitar 50%, bisa dikategorikan bagus. Yang mengkhawatirkan kalau  angkanya 80-90%.
4. Anda dapat mengetahui halaman yang pertama kali (landing page) dikunjungi saat visitor datang ke web Anda. Informasi ini  sangat penting untuk dianalisis, karea hal tersebut dapat kita jadikan sebagai tolak ukur keberhasilan optimasi search engine maupun backlink yang kita buat. Salah satu fitur dari Google Analytics untuk customize URL yaitu URL Builder yang bisa  membantu tracing measurement yang akan dilakukan.
5. Anda dapat mengetahui informasi keywords yang sering digunakan oleh visitor untuk berkunjung ke web Anda. Informasi  keywords yang ditampilkan oleh google analytics dapat dijadikan acuan nilai keberhasilan optimalisasi kita terhadap suatu keyword.
6. Anda dapat melakukan monitoring visitor yang berkunjung  ke website Anda dari Social Media. Informasi yang dihasilkan oleh google analytics berdasarkan visitor yang berasal dari social media dapat memberikan data respon dan popularitas secara real time: channel social media manakah yang memiliki performa bagus dan mana yang kurang bagus.
7. Anda dapat menganalisa dan memonitoring visitor yang menggunakan mobile. Bukan rahasia umum lagi, bahwa kini sebuah website harus bisa ditampilkan dalam versi mobile ketika diakses melalui via HP/smartphone.
google analityc tools
Nah, setelah mengetahui manfaat dan kemampuan yang dimiliki Google Analytics, berikut ini adalah 3 langkah mudah untuk mengimplementasikan Google Analytics untuk Digital Activation perusahaan Anda :
1. Pelajari Dulu Hal-Hal Yang Paling Mendasar
- Conversion = Set your BIG goal. Misalnya berapa visitor yang menjadi member di website dan menggunakan suatu aplikasi web hingga tahap akhir, download aplikasi, dll.
- Engagement = Set your MICRO goal. Misalnya berapa visitor yang klik “read more” dalam suatu artikel, klik button “share”, dll.
2. Atur Campaign Anda
- Gunakan website, microsite, mobilesite, social media.
- Biasakan untuk membuat semua channel suatu campaign dalam 1 akun Google Analytics agar rapi dan mudah untuk dianalisis.
3. Ketahui Trend Yang Terjadi
- Bagaimana trend traffic web dalam suatu periode tertentu: 1 bulan terakhir, 6 bulan terakhir, 1 tahun terakhir ?
- Ketahui visitors web Anda dengan baik. Dengan begitu, Anda tahu bagaimana cara membuat dia nyaman di web Anda.
Measuring the last click is not enough, you need to see the whole story. Untuk aktivitas apapun, intinya, SET THE END-GOAL FIRST, settle on the campaign, understand the users’ search habit, try out and experiment with content.
Sumber:  www.google.com/analytics/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar