Pada
postingan saya kali ini, saya akan membahas sedikit tentang apapun yang
berkaitan dengan game. Dimulai dari apakah arti kata dari GAME itu sendiri.
·
DEFINISI
GAME MENURUT PARA AHLI
Di
bawah ini merupakan sebagian definisi dan pengertian dari game menurut beberapa
ahli :
# JOHN C
BECK & MITCHELL WADE
Game
adalah penarik perhatian yang telah terbukti
Game
adalah lingkungan pelatihan yang baik bagi dunia nyata dalam organisasi yang
menuntut pemecahan masalah secara kolaborasi
# IVAN C.
SIBERO
Game
merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan dan dinikmati para pengguna
media elektronik saat ini.
# FAUZI A
Game
merupakan suatu bentuk hiburan yang seringkali dijadikan sebagai penyegar
pikiran dari rasa penat yang disebabkan oleh aktivitas dan rutinitas kita
# SAMUEL
HENRY
Game
merupakan bagian tak terpisahkan dari keseharian anak, sedangkan sebagian orang
tua menuding game sebagai penyebab nilai anak turun, anak tak mampu
bersosialisasi, dan tindakan kekerasan yang dilakukan anak
# ANDIK
SUSILO
Game
adalah salah satu candu yang susah dihilangkan, bahkan ada yang mengatakan
bahwa candu game online setara dengan narkoba
# JOHN
NAISBITT
Game
merupakan sistem partisipatoris dinamis karena game memiliki tingkat
penceritaan yang tidak dimiliki film
# ALBERT
EINSTEIN
Game adalah
bentuk investigasi paling tinggi
# WIJAYA
ARIYANA & DENI ARIFIANTO
Game
merupakan salah satu kebutuhan yang menjadi masalah besar bagi pengguna
komputer, karena untuk dapat memainkan game dengan nyaman, semua komponen
komputernya harus memiliki kualitas yang baik, terutama VGA card-nya
Kesimpulan
dari semua definisi di atas bahwa GAME merupakan suatu alat yang sangat
berpengaruh bagi kehidupan dan perkembangan tekhnologi yang ada. Game merupakan
sebagian yan gtidak terpisahkan bagi kehiidupan seorang anak khususnya,
merupakan hal yang dapat menyebabkan kecanduan kepada orang yang memainkannya,
serta dapat menjadi alat refhreshfing penghilang penat dari segala rutinitas
keseharian yang telah kita lalui.
·
SEJARAH
GAME
Lalu
dari segi perkembangan GAME tersebut, dapat dilihat dari
perkembangan-perkembangan game dan sejarah dari game tersebut.
Video game berawal
dari pengembangan tabung sinar katoda yang terdapat dalam sistem peluru
pertahanan pada akhir Perang Dunia II. Program-program ini kemudian diadaptasi
ke dalam bentuk permainan sederhana.
Pada
1947 Thomas Toliver Goldsmith Jr dan Estle Ray Mann menciptakan permainan simulator rudal Cathode Ray Tube
Device Amusement. Permainan ini terinspirasi dari kecanggihan radar Perang Dunia II. Inilah game elektronik pertama yang tercatat
dalam sejarah.Meski memiliki unsur permainan, game ini tak popular.
Penggunaannya terbatas untuk kepentingan simulasi latihan militer. Tampilannya
juga masih sederhana; belum berwarna dan hanya mengeluarkan suara
“tat-tit-tut”. Baru pada 1970-an game elektronik bias dinikmati di
rumah-rumah. Ralph Baer, seorang Jerman berdarah Yahudi, mendesain video game
rumahan pertama dengan prototipe bernama Brown Box. Baer menjual idenya ke
perusahaan Magnafox. Prototipe Baer kemudian dirilis ke pasar dengan nama
Magnafox Odyssey. Produk ini berisi 16 game built-in yang dapat diganti-ganti dengan
menggunakan sebuah switch.
Ralph Baer kemudian tercatat sebagai “bapak game dunia”.Popularitas video game
kian menanjak ketika pengusaha Nolan Bushnell mendesain mesin game koin (arcade)
pertama di dunia bernamacomputer space
–di Indonesia popular dengan sebutan Ding-Dong. Bushnell kemudian membuat
game simulasi ping-pong yang diberi nama Pong. Game ini laku keras di pasaran.
Hampir setiap keluarga di Amerika bermimpi bias membeli game ini. Di berbagai
taman hiburan dan kafe, Pong bahkan harus dibongkar setiap 24 jam sekali untuk
mengeluarkan koin yang berjejalan. “Selama puluhan tahun, orang Amerika
lebih banyak menghabiskan uangnya untuk sistem home video game dan di tempat-tempat permainan
Ding-Dong daripada untuk menonton film atau musik –jumlah totalnya mencapai
lebih dari sebelas milyar dolar,” tulis Roger Fidler dalam Mediamorfosis
Belum puas dengan
Pong, Bushnell meluncurkan Atari 2600, video game pertama yang berbasis konsol,
lalu Atari 7800 yang disebut-sebut sebagai pelopor penggunaan joystick.
Tapi
semua kejayaan itu tak bertahan lama. Pasar jemu. Angka penjualan merosot.
Sebagian perusahaan video game Amerika beralih ke bisnis komputer lain atau
bangkrut. Sebagian besar kaum eksekutif dan analis industri melihat hal ini
sebagai pertanda bahwa video game hanyalah sebuah keisengan.Pada saat itulah
muncul pendatang baru dari Jepang, Nintendo, yang menggebrak pasar video game
dunia dengan merilis Famicom. Konsol ini menampilkan gambar dan animasi
resolusi tinggi untuk kali pertama. Setelah mendapat sambutan hangat di Jepang,
Famicom melakukan ekspansi pasar ke Amerika. “Pada 1989, Nintendo
mengendalikan 80 persen pasar video game Amerika. Bahkan pada 1990-an, satu
dari setiap lima rumah tangga di Amerika memiliki perangkat permainan
Nintendo,” tulis Fidler.Pada tahun-tahun berikutnya, Nintendo berhasil
menikmati posisi istimewa di pasar video game. Pesaing-pesaingnya tak mampu
membendungnya. Sega sempat member perlawanan sengit melalui Sonic The Hedhog.
Sayang, perusahaan ini lebih sering kalah cepat dalam pengembangan game
ketimbang Nintendo. Penantang serius Nintendo muncul pada 1994. Sony,
perusahaan elektronik terkemuka, merilis Sony Playstation (PSX), konsol berbasis
CD. PSX terjual hingga ratusan juta unit. Sony bahkan kian merajalela melalui
PlayStation 2, yang sudah berbasis DVD. Nintendo, Sega, dan Microsoft, yang
mengeluarkan produk tergres mereka, belum mampu mengalahkannya.Tapi perang
belum berakhir. November 2005 Microsoft datang dengan Xbox 360, konsol generasi
terkini yang memanfaatkan media HD-DVD. Dengan segudang fitur istimewa, Xbox
360 menarik banyak penggemar game. Tak mau kalah, Nintendo meluncurkan terobosannya,
Nintendo Wii. Dengan inovasi pada stik kontrol mereka yang “motion
sensitive”, Nintendo kembali mengambil-alih pasar video game. Sony,
sekalipun mengeluarkan Playstation 3, sudah terlambat.
Tinggallah kini
persaingan antara Microsoft dan Nintendo. Tapi pesaing-pesaing baru akan
bermunculan. Salah satunya Apple, sebuah perusahaan notebook terkemuka yang
sukses dengan iPhone dan iPod. Ada rumor mereka berencana terjun ke industry konsol
video game. Pihak Nintendo sudah mewaspadai Apple sebagai musuh masa depan
mereka.
·
GAME
ONLINE
Membicarakan
sebuah game tentu tak lebih seru tanpa mebicarakan perkembangan dari game online
yang ada sekarang ini. Untuk pertama saya akan menjelaskan apa arti serta
pengertian dari game online tersebut.
PENGERTIAN
DARI GAME ONLINE
Game
Online atau sering disebut Online Games adalah sebuah permainan (games) yang
dimainkan di dalam suatu jaringan (baik LAN maupun Internet).
SEJARAH
DAN PERKEMBANGAN GAME ONLINE
Perkembangan
game online sendiri tidak lepas juga dari perkembangan teknologi komputer dan
jaringan computer itu sendiri. Meledaknya game online sendiri merupakan
cerminan dari pesatnya jaringan computer yang dahulunya berskala kecil (small
local network) sampai menjadi internet dan terus berkembang sampai sekarang.
Games Online saat ini tidaklah sama seperti ketika games online diperkenalkan
untuk pertama kalinya. Pada saat muncul pertama kalinya tahun 1960, computer
hanya bisa dipakai untuk 2 orang saja untuk bermain game. Lalu muncullah
computer dengan kemampuan time-sharing sehingga pemain yang
bisa memainkan game tersebut bisa lebih banyak dan tidak harus berada di suatu
ruangan yang sama (Multiplayer Games).
Lalu
pada tahun 1970 ketika muncul jaringan computer berbasis paket (packet based
computer networking), jaringan computer tidak hanya sebatas LAN saja tetapi
sudah mencakup WAN dan menjadi Internet. Game online pertama kali muncul
kebanyakan adalah game-game simulasi perang ataupun pesawat yang dipakai untuk
kepentingan militer yang akhirnya dilepas lalu dikomersialkan, game-game ini
kemudian menginspirasi game-game yang lain muncul dan berkembang. Pada tahun
2001 adalah puncak dari demam dotcom, sehingga penyebaran informasi mengenai
game online semakin cepat
PERKEMBANGAN
GAMES ONLINE DI INDONESIA
Menurut
Ligagame Indonesia(ligagames.com), game online muncul di Indonesia pada tahun
2001, dimulai dengan masuknya Nexia Online. Game online yang beredar di
Indonesia sendiri cukup beragam, mulai dari yang bergenre action, sport, maupun
RPG(role-playing game). Tercatat lebih dari 20 judul game online yang beredar
di Indonesia. Ini menandakan betapa besarnya antuiasme para gamer di Indonesia
dan juga besarnya pangsa pasar games di Indonesia. Berikut adalah game online
yang hadirl di Indonesia:
Nama Games
|
Muncul Tahun
|
Pemegang Lisensi
|
Tipe Game
|
Tipe grapis
|
Status
|
Nexia
|
2001
|
BolehGame
|
RPG
|
2D
|
Ditutup thn 2004
|
RedMoon
|
2002
|
-
|
RPG
|
2,5D
|
Ditutup thn 2005
|
Laghaim
|
2003
|
Boleh Game
|
RPG
|
3D
|
Ditutup thn 2006
|
Ragnarok
|
2003
|
Lyto
|
RPG
|
3D
|
Masih
|
GunBound
|
2004
|
Boleh Game
|
Action
RPG
|
3D
|
Masih
|
Xian
|
2004
|
Boleh Game
|
Strategy
RPG
|
3D
|
Masih
|
Risk Your Life
|
2004
|
Dream Web Tech
|
Action
RPG
|
3D
|
Masih
|
Tantra
|
2004
|
Playon
|
RPG
|
3D
|
Masih
|
Survival Project
|
2004
|
Playon
|
RPG
|
2D
|
Ditutup thn 2006
|
GetAmped
|
2005
|
Lyto
|
RPG
|
2,5D
|
Masih
|
Stargate
|
2005
|
Borneo X
|
RPG
|
2D
|
Ditutup thn 2006
|
TS
|
2005
|
Global World Technology
|
RPG
|
2D
|
Ditutup thn 2008
|
O2jam
|
2005
|
Infomedia Nusantara
|
Musical
|
3D
|
Masih
|
Pangya
|
2005
|
Boleh Game
|
Sport
|
3D
|
Ditutup thn 2008
|
Knight
|
2005
|
Infomedia Nusantara
|
RPG
|
3D
|
Ditutup thn 2007
|
Vital Sign
|
2005
|
-
|
FPS
|
3D
|
Ditutup thn 2007
|
SEAL
|
2006
|
Lyto
|
RPG
|
3D
|
Masih
|
RAN
|
2006
|
Jaspace
|
RPG
|
3D
|
Masih
|
Deco
|
2006
|
Playon
|
RPG
|
3D
|
Masih
|
AyoDance
|
2006
|
Maxus Infotech
|
Musical
|
3D
|
Masih
|
DOMO
|
2007
|
Datakom Wijaya Pratama
|
RPG
|
3D
|
Masih
|
Angle Love
|
2007
|
WaveGame
|
RPG
|
3D
|
Masih
|
Rising Force
|
2007
|
Lyto
|
RPG
|
3D
|
Masih
|
Ghost
|
2007
|
Kreon
|
RPG
|
2D
|
Masih
|
Selain
game diatas, ada juga game-game seperti Warcraft, Counterstrike, Age Of Empire,
Need For Speed Series yang juga banyak menyita perhatian para gamer di
Indonesia walaupun tidak sebesar game – game yang disebutkan diatas. Contohnya
Countersrtike lebih lancar dimainkan pada mode LAN dibandingkan internet karena
latencynya yang besar dan servernya kurang cepat sehingga sewaktu bermain game
ada jeda membuat gamers menjadi tidak nyaman, begitu juga halnya dengan
Warcraft dan Age of empire.
·
DAMPAK
BAIK DAN BURUK GAME
Segala
sesuatu pasti memiliki dampak yang positif ataupun yan gnegatif bagi seseorang
yang masuk ke dalamnya. Maka dari itu, saya akan membahas sedikit tentan
gdampak baik dan buruknya dari permaian game itu sendiri.
Dari
postingan diatas tentu kita dapa melihat dampak baik dan buruk dari game itu
sendiri. Dampak baik atau positi yang dimiliki oleh game bahwa game yang
bersifat permainan dan hisburan tentu dapat merefhreshing sejenak otak dan
pikiran para penggunanya untuk sejenak dari segala hal dan berbagai macam pikiran
yang menjejali otknya sehingga para pengguna atau pemain game dapat merasa
rileks serta senang ketika memainkan permainan tersebut.
Unutk
melihat dampak negative atu efek buruk yang ditimbulkan oleh game bahwa game
dapat menyebabkan seseorang kecanduhan jika memainkannya terus menerus. Dan siapa
yang tidak dapat mengendalikan pikirannya untuk tidak teru sbermain dengan game
tersebut maka oaran gyan gtelah kecanduan akan tidak dapat berfikir tentang hal
yang baik dan lebih penting daripada hanya bermain permaianan game sepanjang
harinya.
Demikian
postingan singkat saya untuk topic game ini, smoga sedikit ilmu yang saya
berikan dapat membuat perubahan besar bagi anda yang membacanya.
Referensi:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar